PKKMB Unitri 2024, Mahasiswa Malaka Tampilkan Tarian Tebe Bot

 

Tampak kebersamaan Mahasiswa asal Malaka setelah  menampilkan tarian Tebe Bot, dalam kegiatan PKKMB 2024 di Gedung Olahraga (GOR) Unitri pada Kamis, 05/09.

Papyrus-Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)  2024. Mahasiswa asal Malaka menampilkan tarian Tebe Bot di Gedung Olahraga (GOR) Unitri pada Kamis, 05/09.

Tarian Tebe Bot bertujuan sebagai tarian hiburan dan untuk menjalin persahabatan, Yang sudah di wariskan dari leluhur. Tarian Tebe bot sebagai media untuk menjalin relasi dan seni untuk mempertunjukkan jati diri. 

Salah satu peserta tarian Tebe, Safira mahasiswa angkatan 2023 menjelaskan bahwa tarian tebe bot adalah tarian Tertua yang diwariskan dari para leluhur yang sampai saat ini sudah menjadi tradisi turun temurun di elemen masyarakat Malaka.

"Tarian Tebe bot merupakan tarian tradisional bawaan masyarakat Malaka, dari para leluhur kepada anak cucu, dari orang tua kepada anak, dan sudah menjadi warisan budaya masyarakat Malaka,"ujarnya.

Safira juga  menjelaskan, Tari tebe adalah suatu tarian yang berasal dari kabupaten Belu dan Malaka, namun sekarang sudah menjadi etnis masyarakat NTT khususnya daratan Timor.

"Tarian Tebe berasal dari kabupaten Belu dan Malaka, namun sekarang sudah menjadi etnis  bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT)," jelasnya. 

Diakhir wawancara Safira berharap agar seluruh mahasiswa kabupaten Malaka, yang menunjang pendidikan tinggi di kota malang  agar tetap melestarikan dan meneruskan warisan budaya yang di tinggalkan oleh leluhur yaitu tebe bot dan tarian lainnya.

"Untuk semua Mahasiswa khususnya kabupaten malaka tetap solid dan kompak dalam menjaga dan mewarisan budaya  yang sudah ada di kabupaten Malaka,"tutupnya.(Paskal Arakat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.